Home » » Fakta Unik Tentang Telur

Fakta Unik Tentang Telur

Fakta Unik Tentang Telur 



 Banyak masakan maupun cemilan berbahankan dari telur, selain untuk makanan, telur juga dapat dibuat jadi bahan dekorasi. Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur. Telur adalah pangan padat gizi, karenanya telur merupakan sumber protein hewani, sumber asam lemak tidak jenuh, sumber vitamin dan mineral. Telur sangat baik untuk anak-anak dan orang dewasa, penderita diabetes (kencing manis) dan wanita yang ingin sehat dan langsing.

Macam-macam telur antara lain : 

Telur ayam kampung
Telur ayam ras.
Telur burung puyuh.
Telur itik/bebek.
Mentok

Cara memilih telur yang baik

Kondisi cangkang telur tidak retak
Ukuran telur tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar
Warna telur tidak pucat atau terlalu gelap
Bersih dari berbagai kotoran atau pun noda
Tektur kulit telur halus mulus dan tidak kasar
Tenggelam jika dimasukkan ke dalam air
Apabila diteropong terlihat jernih dan kuning telur ada di tengah telur
Baunya normal tidak berbau busuk
Bentuk lonjong telur normal tidak bulat dan tidak ceper sekali
Pilih yang dikemas dengan baik dan mengandung omega 3

Ada beberapa fakta unik dari telur yang mungkin banyak dari kita yang tidak mengetahuinya, diantaranya adalah :


1. Warna Telur tidak hanya putih atau coklat

Warna telur ayam sebenarnya tergantung pada ras ayam itu sendiri. Bahkan ada telur yang berwarna biru, biru kehijauan, coklat kemerahan, atau bahkan berbintik-bintik.

2. Anda bisa tahu kesegaran atau usia telur dengan memasukkannya kedalam air

Untuk mengetahui telur itu sudah lama atau baru bisa dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Cukup dengan memasukkan telur tersebut kedalam mangkuk berisi air. Jika telur tenggelam berarti masih segar, tetapi kalau mengapung di permukaan berarti sudah tidak segar lagi.

3. Amerika memproduksi 75 milyar telur setiap tahunnya

Jumlah tersebut sekitar sepuluh persen dari total produksi telur dunia. Namun Amerika bukanlah pemasok telur terbesar, masih ada China yang memproduksi telur mencapai 390 milyar pertahunnya atau sekitar setengah dari jumlah pasokan telur di dunia.

4. Ayam bukanlah satu-satunya unggas yang telurnya bisa dimakan

Meskipun telur ayam sering di konsumsi, namun masih terdapat banyak unggas lain yang telurnya bisa dimakan juga. Beberapa diantaranya adalah bebek, angsa, kalkun, emu, burung unta dan juga burung punyu.

5. Gunakan telur yang tidak terlalu segar bila ingin merebus telur bersama kulit.

Hal ini karena telur segar, putih telurnya masih menempel erat dengan kulit sehingga sulit untuk mengupas kulitnya setelah direbus.

6. Telur bisa digunakan untuk mengobati berbagai luka

Membran yang mengelilingi putih telur dapat digunakan untuk mengobati demam, menyembuhkan luka ringan, mengobati memar, mengurangi bekas luka, mendinginkan kulit terbakar, dan menghentikan pendarahan.

Itulah beberapa fakta unik tentang telur, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Thanks for reading Fakta Unik Tentang Telur

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment