Home » » 10 Hewan Yang Akan Masuk Surga

10 Hewan Yang Akan Masuk Surga

10 Hewan Yang Akan Masuk Surga



Surga adalah tempat yang akan dihuni oleh setiap mahluk hidup untuk mereka yang senantiasa beriman kepada Allah سبحانه وتعالى mereka mendapatkan balasan surga, sebaliknya untuk ingkar kepada allah سبحانه وتعالى akan masuk ke neraka. Namun tahukah anda, bahwa ternyata surga dan neraka tidak hanya dihuni oleh manusia saja, ada juga binatang yang dijamin masuk surga, bahkan 10 binatang ini sudah dijamin masuk surga, dengan keistimewaan yang dimilikinya. Keistimewaan tersebut tak terlepas dari kepatuhannya kepada TuhanNya Allah سبحانه وتعالى dan berjuang didalam menegakkan agama tauhid dimuka bumi. Lalu lantas hewan apa sajakah yang dimasukan Allah سبحانه وتعالى ke dalam surga?.

1. Unta Nabi Shaleh 'Alaihisalam

unta ini merupakan mukzizat yang diberikan Allah سبحانه وتعالى kepada Nabi Shaleh 'Alaihisalam , namun saat itu dibunuh oleh kaumnya yaitu kaum Tsamud, karena hal tersebut Allah سبحانه وتعالى memberikan azab yaitu berupa menghancurkan kaum Tsamud sehingga tidak ada lagi yang tersisa dalam kaum tersebut dimuka bumi. Seperti yang tertuang dalam surah Hud.

2. Anak Sapi Nabi Ibrahim 'Alaihisalam

Binatang kedua yang dijamin masuk surga adalah anak sapi Nabi Ibrahim 'Alaihisalam. Sapi tersebut hendak dihidangkan kepada tamu yang datang pada saat tersebut yaitu malaikat yang ingin mengabarkan tentang kelahiran anak beliau yaitu Ishak, 

3. Kambing Nabi Ismail 'Alaihisalam

Allah سبحانه وتعالى pernah menguji kesabaran nabi Ibrahim 'Alaihisalam dengan perintah untuk menyembelih anaknya yang tidak lain adalah Nabi Ismail 'Alaihisalam. Dengan begitu cintanya Nabi Ibrahim 'Alaihisalam kepada anak nya Ismail, beliau tetap berteguh kepada keyakinanNya kepada tuhanNya Allah سبحانه وتعالى, pada saat hendak disembelih, kemudian Nabi Ismail 'Alaihisalam digantikan oleh Allah سبحانه وتعالى dengan seekor kambing yang gemuk, malaikat menyelamatkan Nabi Ismail 'Alaihisalam dalam penyembelihan tersebut.
Hal ini terkandung dalam As Shafat 102-107

4. Sapi Nabi Musa 'Alaihisalam

Sapi milik Nabi Musa 'Alaihisalam menjadi salah satu binatang yang akan masuk surga. Pada waktu itu ada seorang bani israil meninggal dunia, mereka ingin mengetahui siapakah pembunuh orang tersebut, orang-orang bani Israil itu meminta kepada Nabi Musa 'Alaihisalam untuk meminta petunjuk. Maka Allah سبحانه وتعالى menyuruh mereka untuk menyembelih seekor sapi betina untuk seorang yatim yang kemudian dipukulkan kepada mayat tersebut. Lalu hiduplah orang mati tersebut dalam sekejap untuk memberitahukan siapakah yang telah membunuhnya.

5. Ikan Paus Nabi Yunus 'Alaihisalam

Ikan Paus Nabi Yunus 'Alaihisalam juga menjadi salah satu binatang yang akan masuk surga, ini adalah ikan paus yang telah menelan nabi Yunus 'Alaihisalam pada saat nabi Yunus 'Alaihisalam di lempar ke laut dari kapal yang ditumpangi pada saat itu kelebihan muatan. Setelah menelannya lalu Allah سبحانه وتعالى memerintahkan kepada paus tersebut untuk memuntahkan kembali didaerah yang tandus. Ketika keluar dari perut ikan paus, nabi yunus 'Alaihisalam bagaikan anak burung yang baru menetas dari cangkangnya karena terlalu lemah. Kemudian Allah سبحانه وتعالى mengasihinya dan menumbuhkan sebuah pohon dari pohon labu sebagai tempat berteduh dan membuat dia kuat kembali.

6. Keledai Nabi 'Uzair 'Alaihisalam

Nabi 'Uzair 'Alaihisalam adalah seorang nabi yang diutus untuk kalangan bani Israel atau bangsa Yahudi, Kisah tentang keledai nabi 'Uzair 'Alaihisalam tercantum dalam surah Al Baqarah ayat 259.

7. Semut Nabi Sulaiman 'Alaihisalam

Hewan berikutnya yang masuk surga adalah semua Nabi Sulaiman 'Alaihisalam, seperti yang diketahui nabi Sulaiman 'Alaihisalam diberi mukjizat oleh Allah سبحانه وتعالى untuk dapat berbicara dengan binatang. Salah satunya adalah semut, semut ini membuat kagum nabi Sulaiman saat beliau menanyakan bebrapa pertanyaan. Pada saat itu nabi Sulaiman 'Alaihisalam bertanya " wahai semut apakah engkau yakin ada makanan yang cukup untuk engkau?" semut pun menjawab " rizki ditangan Allah, aku yakin diatas padang pasir yang tandus ini ada rizki untukku".

8. Burung Hud Hud Ratu Balqis

Selain dengan semut nabi sulaiman juga bisa berbicara dengan burung Hud-Hud, yakni sejenis burung gelatik, burung ini dijadikan kurir oleh nabi Sulaiman untuk mengantarkan surat kepada ratu Balqis untuk mengajaknya beriman kepada Allah سبحانه وتعالى. Ratu Balqis adalah seorang ratu yang memerintah negeri Saba' yang beribu kota yang letaknya dekat dengan sam'a ibukota Yaman sekarang. Kisah ini ada tercantum dalam Al Qur'an Surah An-Naml 20-31.

9. Unta Nabi Muhammad ﷺ 

Dalam perjalanan dakwahnya rosullulah ﷺ menunggangi seekor unta untuk membawanya hijrah ke Madinah untuk pertama kalinya bersama dengan shahabat beliau Abu Bakar. Unta tersebut digunakan sebagai petunjuk dimanakah rosulullah ﷺ  akan tinggal di Madinah, unta ini pun berhenti disebuah rumah milik shahabat. Dirumah inilah rosullullah ﷺ  menghabiskan sisa hidupnya sampai akhir hayat.

10. Anjing Ashabul Kahfi

Ashabul Kahfi merupakan sosok-sosok pemuda tangguh yang membela keimanan mereka dari raja kafir. Demi menegakan iman mereka rela mengasingkan dirinya bersembunyi didalam gua. Pemuda pemuda tersebut ditemani oleh seekor anjing yang setia, karena merasa terlalu lelah akhirnya mereka tertidur semua dalam gua tersebut. Kisah Ashabul Kahfi ini dapat ditemukan dalah QS Al Kahfi Ayat 9-22.
Thanks for reading 10 Hewan Yang Akan Masuk Surga

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Post a Comment